SEJARAH

BLOG INI MENYANGKUT SEJARAH

PROSES MUNCULNYA GERAKAN PEMBAHARAN ISLAM

Pada abad ke 18 M dan paruh pertama abad 19 M, dunia islam berada pada situasi yang sangat kritis. Hamper seluruh Negara atau wilayah islam jatuh ke tangan penjajah barat.

Bangsa islam mulai menyadari ketertinggalanya, bangsa pertama yang menyadari ketertinggalanya adalah turki usmani. Hal itu disebabkan kerajaan ini yang pertama dan utama menghadapi eropa. Kesadaran itu memaka para penguasa dan pejuang turki untuk belajar dari kemajuan bangsa barat

Untuk itu mulailah para penguasa kerajaan turki usmani mengirim para duta untuk melihat kemajuan yagn telah dicapai bangsa barat.pada tahun 1720 M, celebi mehmed dikirim ke paris sebagai duta yang brtugas untuk mengunjungi pabrik pabrik, benteng bnteng pertahanan dan lembaga lembaga di perancis.

Untuk melengkapi laporan celebi mehmed, kerajaan usmani mengirim said mehmed (anak celebi mehmed) ke paris pada tahun 1741 M.dari laporan tersebut sulan ahmad III (1703 - 1730) mulai mengadakan pembaharuan di turki usmani.

Pembaharuan itu di utamakan dalam bidang pranata social, politik dan militer. Untuk itu, turki mendatangkan pelatih militer dari perancis bernama de rochefort tahun 1717 M. kemudian tahun 1729 M, darting lagi seorang perwira militer bernama comte deboneval.karena sering berkenalan dengan penguasa islam dan tentara islam ia memutuskan masuk agama islam dan mengganti namanya menjadi hamburachi pasha.

Dalam menjalankan tugasnya, ia di Bantu perwira dari irlandiabernama macarthy dan perwia dari skotlandia bernama ramsay.

Upaya kerajaan turki usmani dalam memajukan dunia militer membuahkan hasil, kekuatan militer turki merupakan salah satu kekuatan yang dimilki dunia islam yang ditakuti bangsa barat.

0 komentar:

Posting Komentar