SEJARAH

BLOG INI MENYANGKUT SEJARAH

ANDALUSIA PADA MASA PEMERINTAHAN AMIR AMIR BANI UMAYYAH

Pada masa menjelang datangnya kekuasaaan amir amir bani umayyah itu, andalus di perintah oleh wali yusuf bin Abdurrahman al fihry.

Pada zaman damaskus terjadi perebutan kekuasaan antara bani abbas dan bani umayyah. Bani abbas ternyata menang, yang kemudian mengambil baghdad sebagai ibu kotanya dengan abdul abbas as safah sebagai khalifah pertama .kemudian ia diganti oleh abu ja’far al mansyur (khalifah ke II).

Karena kekalahan itu dua orang putra mahkota keturunan bani umayyah (Abdurrahman bin muawiyah bin hisyam beserta adiknya yang masih anak anak), melarikan diri dari istana damaskus bersembunyi di tepi sungai eufrat dan tigris. Di sana mereka mendapatkan pasukan bani abbas. Maka Abdurrahman lari berenang masuk sungai tersebut hingga selamat terhindar dari bahaya maut. Kemudian ia menuju afrika utara dengan makud akan ke andalus. Sedang adiknya yang masih kecil menjadi korban panah pasuakan abbas di tepi sungai eufrat.

Dengan keuletan yang luar biasa, akhirnya abdurrrahman sampai di afrika utara.disana ia berembunyi pada kabilah bar bar.

Oleh kawanya yang setia, badar namanya, di utus agar mengadakan hubungan ke andalus agar mau menerima kedatangan Abdurrahman sebagai pimpinanya.

Ternyata banyak orang dan pimpinan andalus, yang menyatakan gembitra atas kedatangan abdurrahahman sebagai pimpinannya.

Abdurrahaman segera ke andalus dengan pengikut yang tidak sedukit jumlahnya.

Pada tahun 138 H (757 M) terjadi perang yang dahsyat antara wali andalus (al fihry) dengan Abdurrahman.dalam pertempuran itu al fihry tertawan. Kemudian Abdurrahman masuk cordova sebagai panglima yang menang.

Mulai saat itulah (757 M) abdurrrahman mendirikan pemerintahan bani umayyah di andalus dengan amir yang terlepas dari kekussaan bani abbas.

1.Abdurrahman ad dakhil (138 – 172 H / 757 – 788 M ).

Abdurrahman sebagai pendiri kerajaan baru dan menjadikan cordova sebagai ibu kotanya dan sekaligus membangun masjid agung kordova yang finishingnya di sleaikan oleh hisyam I (pada tahun 1236 M oleh raja ferdinand III di ubah menjadi katedral santa maria). Selain itu Abdurrahman juga membangun taman munyah ar rusafah yang sangat indah sebagai kenanga kenangan terhada kakeknya hisyam di damaskus, dan tidak ketinggalan pula ia membangun kota yang indah dan di sebut qasr al kabir.

2.Hisyam bin bdurrahman (172 – 180 H / 788 – 796 M).

hisyam adalah kepala Negara yang adil, shalih serta penuh kasih saying.

Usaha usaha nya ialah:

Ia membangun madrasah madrasah untuk memajukan bahasa arab, dan ia menyelesaikan pembangunan masjid agung cordova.

3.Hakam I bin hisyam ( 180 – 206 H / 796 – 822 M).

Hakam I berbeda dengan ayahnya ia di tuduh gemar maksiat oleh rakyatnya sehingga menyebabkan kelemahan kelemahan.oleh karena itu timbul pemberontakan pemberontakan, antara lain :

a. pemberontakan dari sekalian orang islam ddi cordova dan Toledo.

b. pemberontakan dari sulaiman dan Abdullah (putera Abdurrahman), yang berhasil menduduki Toledo dan Valencia.

c. Kekacauan tersebut di manfaatkan oleh wali Barcelona untuk berontak.

Dan masa itu pula kaum Kristen di utara mengadakan perlawana kepada hakam I.

Namun dari sekian banyak pemberontakan itu hakam mampu memadamkan satu persatu.

Setelah memerintah selama 26 tahun hakam I wafat pada tahun 822 M di usia 50 tahun

4.Abdurrahman II (206 – 238 H / 822 – 852 M).

Usaha usaha aabdurrahaman yaitu :

Menghilangkan kelemahan kelemahan yang timbul pada zaman hakam,pada tahun 836 M mengadakan persahabatan dengan bzyantium dan navarra untuk menjaga keseimbangan plitik karena pada masa itu abbasiah bersahabat dengan frank,dan membentuk armada laut untuk menumpas bajak laut.

Dalam bidang pembangunan, ia memperluas dan memperindah masjid agung corova yang di lengkapi dengan madrasah dan rumah sakit yang si bentuk dengan tipe romawi.

Setelah Abdurrahman wafat, penggantinya kurang cakap ( Muhammad bin Abdurrahman II ( 238 – 273 H), mundzir bin Muhammad ( 273 – 275 H ), abdullah bin Muhammad ( 275 – 300 H)). sehingga berakibat pecah belah

0 komentar:

Posting Komentar