SEJARAH

BLOG INI MENYANGKUT SEJARAH

Imperialisme Terhadap Dunia Islam

Jatuhnya Baghdad pada tahun 1258 M ke taangan bangsa mongol bukan saja mengakhiri kekhalifahan abbasiyyah, tetapi juga awal kemunduran politik dan peradaban islam. Karena Baghdad sebagai pusat kebudayaan islam yang sangat kaya dengan khazanah ilmu pengetahuan lenyap dibumi hangukan oleh tentara mongol yang dipimpin oleh Hulagu khan.

Akibtnya , situasi social politik dan kebudayaan mengalami masa masa kemunduran, wilayah wilayah islam terpecah belahmnjdi beberapa Negara independent yang memperjuangkan dirinya sendiri sendiri, bahkan tak jarang teradi peperangan antara Negara Negara islam. Derita umat islam tak berhenti di situ, timur lenkmenghancurkan pusat psat kekuasaan islm lainnya, keadaan seperti ini baru dapat teratasi kerajaan kerajaan besar yang trkenal dalam dunia islam, yaitu kerajaan islam usmani, kerajaan islam safawi dan kerajaan islam mughal. Masing masing kerajaan pernah mengalami kejayaan yaitu antara 1500-1800 M.

Situasi social politik di kerajaan usmani tidak menentu setelah meninggalnya sultan sulaiman al qanuni tahun 1566 M. kerajaan ini mulai mengalami kemunduran awal abad 18 M. di dalam negeri timbul pemberontakan pembeontakan, seperti pemberorakan di syiria di bawah pimpinan kurdi jumbulat, di Lebanon di bawah impinan Dzure amir fakhruddin. Di samping itu terjadi peperangan dengan Negara tetanggga di eropa, seperti peperangan di Venetia (1645-1664M). dan juga peperangan dengan syah abbas dari Persia. Kelompok jenissari juga melakukan pemberontakanmenentang kebijaksanaan khalifah yang membubarkan psukan khusus tersebut, darena dianggap bersekongkol untuk melawan sultan . di samping itu di eropa muncul kerajaan yang kuat seperti rusia di bawah pimpinan peter yang agung.

Sementtara itu di arabia bangkit kekuatan baru, yakni aliansi Muhammad ibn abdul wahab dengan penguasa local ibnu sa’ud,keadaan ini bertambah ruwet settelah kerajaan usmani berakhir dan berdirinya repblk turki yang sekuler pda tahun 1924 M.

Di Persia kerajaan syafawimendapat serangan dari raja afghan yang bermaszhab sunni. Amir Muhammad dapat menguasi isfahan pada 1722 M.akan tetapi ibu kota itu dapat di rebut kebali tahun 1730 M oleh nadzi syah yang kemudian ia mengangkat dirinya sendiri menjadi syah di Persia, tahun 1750 M, karim khan dari dinasti zand dapat merebutseluruh kekuasaan atas Persia,dan kekuasan ini dirampas olwh agha Muhammad dari dinasti qajar tahun 1794 M. dan berakhir tahun 1925 M.

Begitu juga situasi soial politik di India, sepeningal aurangzab (1658-1707M). pemberontakan terjadi di dalam kerajaan islam mughal tidak dapat diatasi. Pemberontakan golongan hindu, golongan sikh dan sebagainya semakin memperlamah kerajaan mughal di India. Pada tahun 1761 M, kerajaan mughal diserang oleh ahmad durrani khan dari afghan, sejak saat itu kerajaaan mughal di bawah kekuasaan afghan.

Dalam kerajaaan yang lemah itu, inggris mengangkat senjata melawan kerajaan mughal yang akhirnya kerajaan mughal menerima perjanjian damai dengan menyerahkan daerah oudh, Bengal dan orisa keada inggris. Akan tetapi isi perjanjian itu kemudian dibatalkan oleh bahadur syah (1837-1858 M). kenyataa ini tidak diterima olehinggris, sehingga inggris melakukan penjajahan atas India tahun 1857 M.

Dengan demikian kelemahan di dunia islam terletak dalam bidang poitik, ilmu pengetahuan, teknologi dan tidak adanya symbol pemersatu islam. Keadaan ini di manfaatkan oleh bangsa bart untuk menjajah asia afrika yang mayoritas islam.

0 komentar:

Poskan Komentar