SEJARAH

BLOG INI MENYANGKUT SEJARAH

Luqman adalah seseorang yang diberikan hikmah oleh Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya, “ Dan sesungguhnya telah kami berikan hikmah kepada Luqman.”(QS. Luqman ; 12)
Diantara hikamah yang diberikan Allah kepada Luqman adalah ilmu, keagamaan, ketepatan dalam perkataan, dan banyak hikmah yang lainnya. Dia memberikan fatwa sebelum diutusnya Nabi Daud AS. Dia bertemu dengan Nabi Daud AS, mengambil ilmu darinya dan meninggalkan fatwa. Beliau berkata tentang itu, “Tidakkah aku merasa cukup, jika sudah dicukupi ?”
Beliau ditanya, “Siapakah orang yang paling jelek?” Kemudian beliau menjawab, “Orang yang tidak peduli saat ia dilihat orang lain melakukan kejelekan.”
Mujahid berkata, “Lukaman Al Hakim adalah seoarang hamba Habasyah yang bibirnya tebal dan kedua tumitnya pecah – pecah. Dia didatangi seseorang ketika sedang duduk dan memberikan ceramah di hadapan banyak orang. Dia bertanya kepada Luqman, “Bukankah dulu anda yang menggembala kambing di tempat ini dan ini?“ Luqman menjawab, “Ya.” Orang itu bertanya lagi, “Apa yang membuat Anda mencapai kedudukan ini?” Beliau menjawab, “Berbicara yang jujur dan diam dari sesuatu yang tidak perlu.”
Dari Khalid Ar-Rabi’I, ia berkata, “Luqman adalah seoarang budak dari Habasyah. Majikannya berkata kepadanya, “Sembelihkan kita kambing ini !”Kemudian ia menyembelihnya. Majikannya berkata, “Keluarkan dua kerat daging yang paling baik darinya !” Ia mengeluarkan lidah dan hatinya.Beberapa lama, majikannya berkata, “Sembelihkan kita kambing ini !”Kemudian ia menyembelihnya. Majikannya berkata, “Keluarkan dua kerat daging yang paling jelek darinya !” Ia mengeluarkan lidah dan hatinya.Majikannya bekata, “Saya menyuruh kamu mengeluarkan dua daging yang paling baik darinya dan kamu mengeluarkan keduanya (hati dan lidah). Dan saya menyuruh kamu mengeluarkan dua daging yang paling jelek darinya dan kamu mengeluarkan keduanya (hati dan lidah).” Luqman menjawab,”Sesunguhynya tidak ada yang lebih baik darinya, jika kedunya baik. Dan tidak ada yang lebih jelek darinya, bila keduanya jelek.”Al-Qurtubi berkata, “
Dikatakan bahwa Luqman adalah anak saudara Nabi Ayyub AS atau anak bibinya. Luqman melihat seseorang yang memandang kepadanya, lalu Luqman berkata kepadanya, “ Meskipun Anda melihat kedua bibirku tebal, namun sesungguhnya yang keluar di antara keduanya perkataan yang lembut. Meskipun Anda melihat kulit saya hitam, namun hati saya putih.”

0 komentar:

Poskan Komentar