SEJARAH

BLOG INI MENYANGKUT SEJARAH

ILMUWAN PADA MASA AL MUWAHHIDUN

IBU RUSYD (Abu al-wahid muhammad bin ahmad bin muhammad)

lahir di kordoba (1126 M) dan meninggal di maroko (1198M)

sebagai ahl hukum,dokter dan filsafat.

IBNU HAZM (Abu muhammad ali bin ahmad bin sa’id bin hazm) ,Lahir di cordova (pada bulan november 994 M) ,dan meninggal di manta lisham (bulan agustus 1064 M) .Ia di kenal sebagi ahli hadits,ahli fikih,teologi dan pensya’ir.

IBNU ARABI (Muhidin abu abdullah muhammad bin ali bin muhammad bin ahmad bin abdullah hatimi at-ta’i) ,lahir di andalusia (1165 M) dan meninggal di damascus (1240 M) sebagi salah seorang sufi terbesar dalam dunia islam dan seorang pemikir mistik.pada usia delapan tahun,keluarganya pindah ke sevilla tempat ibnu arabi kecil mulai belajar al-qur’an dan fikih,di kota ini pula ibnu arabi berkenalan dengan ibnu rusyd yang juga menjadi teman ayah ibnu arabi.menginjak usia 30 tahun,ibnu arabi berkelana untuk menuntut ilmu mulai dari semenanjung andalusia,tunis,maroko,almeria,cairo,yerussalem,dan makah

IBNU SINA (Abu ali al-husain bin abdullah) lahir di bukhoro termasuk wilayah daulah samani (980 M) dan meninggal di hamdan (1037 M) Ibnu sina lahir ketikadaulah bani abasiah di kuasai bani buwihi.dalm usia 10 tahun beliau telah hafal Al-qur’an.kmudian ia mempelajari ilmu astronom,fisika,matematika,logika dan metafisika,dalam usia 16 th beliau di kenal sebagai ahli ilmu kedokteran,pada usia 18 beliau berhasil mengobati dengan baik nuh bin mansyur (raja daulah samani).

IBNU BAJAH ,lahir di sargossa (pada abd X1 M) lalu hidup disevilla,granada dan fas pada dinsti al-muwahhidun karya tulis nya antara lain:Risalah al-ittishal,risalah al-wada’,taubirul mutawahhid,beliau berbeda dengan imam ghozali dalam soal cara memperoleh kebenaran.menurut imam ghozali,kebenran hakiki di peroleh melalui ilham,tetapi menurut ibnu bajahharus melaluikekuatan akal pikirannya. Menurut ibnu bajah manusia harus menjadi anutan masyarakatnya,bukan tenggelam,terbawa arus masyarakatnya.

IBNU THUFAIL, Lahir di wadi asy,dekat granada.beliau terkenal sebagai dokter pribadi Abu ya’kub yusuf al-mansyur (khalifah ke dua dinasti al-muwahhidun) .karya tulisnya yang sampai pada kita ialah hayyu al - yaqghdan

SEJARAH SINGKAT AL MUWAHHIDUN

Dinasti islam yang pernah berjaya di afrika utara selama lebih dari satu abad yaitu dari tahun 1145-1269 m;di dirikan oleh Muhammad bin tumart (1080-1130), yang lebih di kenal dengan sebutan ibnu tumart,pada tahun 1114. penamaan dinasti dengan al muwahhidun, yang berarti golongan berpaham tauhid, didaarkan pada prinsip dakwah yang memerangi paham at tajsim yang menganggap tuhan mempunyai bentuk (antropomorfisme). Ia erkembang di afrika utara di masa itu di bawh kkhlifahan al murabbitun.dalam mendakwahkan prinsipnya ibnu tumart kurang disenangi oleh ulama maa itu krena dakwahnyamenggunakan kekerasan. Ia silindungi oleh sultan ali bin yusuf bin tayfin (1113-1142) yang hanya menguirnya dari Marrakech (ibu kota al murabbitun). Namun dakwah ibnu tumart mendapat dukungan dar berbagai suku bar bar, seperti suku haragah, hntanah, jadmiwah dan janfisah.

Pada mulanya dakwah ibnu tumart murni,tidah berbeu politik,namun setelah mendapatkanpengikut yang sudah mulai banyak, ibnu tumart berambisi menjatuhkan kekuasaan al murabbitun yang sudah mulai melemah.lalu ia oleh pengikutnya di nobatkan sebagai al mahdi dan di baiat oleh pengikutnya untuk melaksanakan maksudnya itu.ia namakan pengikutnya sebagai al muwahhidun danwilayah kekusaanya tinn allal dan sekitarnya sebagai ad daulah al muwahhidun.

Lngkah pertama yang diambil aoleh ibnu tumart dalam menjalankan ambisinya yaitu mengajak kabilah bar bar ikut bergabung bersamanya.pada tahun 1129 M dengan jum;lah pasukan 40.000 orangdi bawah komando abu Muhammad al basyir dan wansyaarisi,kum muwahhidun menyerbu ibu kota al murabbitun,Marrakech. Dalam perang kaum al muwahhidun menderita kekalahan besar dan ibnu tumar wafat.

Di baiatlah abdul mu’min bin ali (1163 M) sebagai pemimpin al muwahhidun menggantikan ibnu tumart. Pada tahun 1131 M kaum muahhdun menguasai nadla, dir’ah,taigar, fazar dan giyazah. Setelah itu kaum al muwahhidun menyerang kubu al murabbitun. fez, kota terbesar ke dua setelah Marrakech jatuh ke muwahhidun, pada tahun 1145 M. setelah itu al muwahhidun menguasai Marrakech dan menjatuhkan al murabbitun.

Setelah menguasai wilayah maghrib ia invasi ke aljazair, enam tahun kemudian ke libia.hinggawilayah al muwahhidn membentang dari libia hingga ke samudra atlantik barat.

Pada tahun 1162 M berniat memperlus wilayahnyajauh ke spanyol yang di kuasai oleh Kristen (setelah jatuh nya bani umayyah II) sebelum niatnya tercapai ada tahun itu juga beliau wafat dan di gantkan oleh putranya yang betnama abu ya’kub yusuf bin abdul mu’min (1184 M).


0 komentar:

Posting Komentar